Jadwal Diklat

No event found!

25 Pejabat Administrator dan JPT Pemkab Tana Toraja, Ikuti Talent Pool

editor Ivan

CAT Psikomatri

Sipakada.com-TANA TORAJA Sejumlah pejabat Administrator, atau biasa dikenal dengan pejabat eselon III mengikuti kegiatan Penilaian Potensi dan Kompetensi JPT Pratama dan Administrator (talent pool), BKN untuk Wilayah Kerja Kantor Regional IV BKN Makassar yang telah diselenggarakan baru-baru ini.

Nampak Kepala BKN Regional IV Makassar bersama Plt. Kadis Pariwisata Tana Toraja Rospita Napa dan Kabid Pengembangan SDM, Ivan Kalalembang (istimewa)

Peserta yang diusulkan pada kegiatan tersebut diwajibkan untuk dapat melakukan registrasi secara online. Hal ini didasari oleh Surat Kepala Pusat Penilaian Kompetensi ASN BKN No. 126-30/V-24-4/58. Dalam pelaksanaan talent pool selain Kabupaten Tana Toraja juga diikuti sejumlah kabupaten seperti Konawe Utara, Muna, Takalar, Sigi dan Sinjai,

Pada pelaksanaan talent pool setiap peserta mengikuti beberapa tahapan antara lain tes Psikometri dengan metode CAT, tes tertulis/studi kasus, tes kognitif, diskusi kelompok dan interview.

“Pada prinsipnya ini merupakan aturan terkait tata cara pengisian JPT yang sudah memperbaharui dan mendetailkan beberapa aspek dari aturan lama. Tentunya sangat relevan denga talent pool yang merupakan metode pengukuran kompetensi melalui Assessment Center yang merupakan salah satu syarat “stepping stone” dari rangkaian proses pengisian jabatan,” tegas Kabid Pengembangan SDM pada BKPSDM Tana Toraja, Ivan Kalalembang.

Ivan mengatakan bahwa tujuan dari Talent Pool ini adalah untuk membangun database Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dan administrator yang didasarkan pada aspek potensi dan kompetensi. 

Baik BKN maupun instansi sampai di tingkat kabupaten, nantinya memiliki database yang benar dan akurat dalam menerapkan sistem informasi kepegawaian yang berbasis kompetensi yang terintegrasi.

“Melalui talent pool ini, nantinya instansi akan memiliki database potensi dan kompetensi pegawai yang dapat digunakan untuk keperluan pengisian jabatan, pengembangan kompetensi, maupun pengembangan karir pegawai,” jelasnya.

Dikatakan, sebelum menghadiri talent pool, para calon peserta diwajibkan mengisi lembar Quisioner berupa form DRH, Form Critical Incident dan Form Q-Kompetensi.

Pengusulan Peserta talent pool, adalah peserta mendapat persetujuan dan diusulkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian. Peserta yang telah disetujui dan diusulkan kemudian mendaftarkan diri melalui BKPSDM tiap daerah

Dengan mengacu pada jumlah Quota yg di berikan ke masing – masing instansi Daerah. Tana Toraja mendapatkan 14 nomonatif, namun atas dorongan dan dukungan dari Bupati Tana Toraja mendapatkan 12 Quota tambahan, sehingga Kabupaten Tana Toraja mendapatkan Quota 26 nominatif.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *